Sabtu, 16 Februari 2013

Alat Bantu Pernafasan


Macam – macam alat bantu pernafasan :
1. Inhaler
Cara kerja inhaler sebagai alat bantu pernapasan adalah mengendurkan otot di jalan pernapasan yang menyempit. Inhaler mengandung albuterol yang dapat merangsang reseptor untuk menghasilkan efek relaksasi pada otot saluran pernapasan. Efek relaksasi ini – lah yang membantu penderita asma kembal bernapas dengan normal. Ada berbagai jenis inhaler, penggunaan dan dosisnya pun berbeda dalam tiap jenisnya. Pastikan penderita asma melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai bagi penderita.
2. Suction Pump
Alat yang membantu mengeluarkan dahak dari tubuh manusia. Alat ini sangat membantu penderita asma karena bisa mengembalikan proses bernapas penderita menjadi kembali normal. Alat ini mempunyai katup yang berfungsi sebagai penyedot dahak penderita asma. Suction pump juga banyak ditemukan di ruang operasi, berguna untuk menyedot darah pasien.
3. Nebulizer
Alat bantu pernapasan ini dapat mengubah obat menjadi uap aerosol yang berfungsi mengencerkan dahak penderita asma. Efektifitas alat ini tinggi karena dapat langsung menuju penyebab serangan penderita asma. Cara kerja alat ini adalah menguapkan larutan obat yang diisikan pada nebulizer dan dihirup melalui masker khusus. Kini alat ini tersedia dalam berbagai macam desain tergantung penggunaan dan pemakaian daya untuk membuat nebulizer berfungsi.
4. Suntikan anti alergi
Pengobatan alergi penderita asma dilakukan selama beberapa bulan. Obat yang diberikan pada penderita cenderung sama, tetapi menggunakan teknik penyuntikan untuk memasukkan obat ke tubuh penderita. Obat yang digunakan berfungsi untuk mencegah bengkaknya saluran pernapasan dan bisa mencegah terjadinya serangan.
5. Terapi oksigen
Cara ini tidak menyembuhkan penyakit asma, tetapi dapat mengurangi gejala serangan. Terapi bisa dilakukan secara alami maupun menggunakan alat bantu pernapasan seperti tabung oksigen.
6. Masker
Alat bantu yang paling mudah untuk ditemukan. Kini banyak dijual di toko serba ada dan bahkan dijual satuan. Alat ini sebagai alat pencegah terjadinya serangan, penderita asma memakai masker sebelum terjadi serangan. Masker membantu melindungi penderita dari faktor – faktor penyebab terjadinya serangan asma.
Rawat inap merupakan tindakan terakhir jika alat bantu pernapasan di atas tidak membantu kondisi penderita asma saat terjadi serangan. Jika serangan asma dapat dicegah, bukankah lebih baik dan akan jauh lebih murah.
bung Oksigen Portable
free hit counter code

Sekilas Tentang Tabung Oksigen Portable

Bagi penderita asma atau kekurangan oksigen disarankan bagi anda atau keluarga mempunyai tabung oksigen sendiri dirumah, dikarenakan lebih efisien dan lebih praktis tanpa perlu repot untuk rawat inap dirumah sakit, puskesmas ataupun klinik. Tabung oksigen mempunyai beberapa jenis ukuran tinggi dan dimeternya, mulai dengan ukuran terendah yaitu 26 cm, 40 cm, 69 cm, 97 cm, 120 cm hingga yang tertinggi yaitu 148 cm. Begitu pula dengan diameter terkecil yaitu 500 ml, 0,5 m3, 1 m3, 1,5 m3, 2m 3, hingga 6 m3. Namun jika dilihat dari berat, berat terendah adalah 2,5 kg hingga 60 kg.
Untuk tabung oksigen teringan diatas adalah 500 ml dimana tabung tersebut dinamakan dengan tabung oksigen portable, tabung oksigen portable adalah tabung oksigen yang sangat praktis untuk dibawa dan efisien saat digunakan karna ukuran yang ringan dan tidak memakan tempat. Penggunaan pada tabung oksigen portable juga sangat mudah dan praktis dengan membuka tutup atas pada tabung lalu letakan tutup tabung pada kepala kaleng gunakan sebagai masker, kemudian tutup hidung dengan menggunakan tutup kaleng tersebut selama 2 detik, ulangi 5 sampai 10 kali seseuai dengan kebutuhan.
Pada tabung oksigen portable tidak terdapat isi ulang, penggunaan dari tabung oksigen portable hanyalah sekali pakai. Untuk segi perawatan pada tabung oksigen portable, hindari dari api atau panas sinar matahari, jauhkan dari jangkauan anak-anak, jangan melubangi kaleng atau memukul kaleng pada benda keras, jangan menyemprotkan ke api atau pakaian, jauhkan dari minyak atau oli agar terhindar dari bahaya ledakan. Tabung oksigen portable adalah pilihan yang tepat saat anda membutuhkan oksigen jika anda berada dalam lingkungan umum atau terbuka, harga dari tabung oksigen portable sendiri sangatlah terjangkau.

1 komentar:

  1. Ini bnar bnar membantu saya mencari informasi seputar rumah sakit...

    BalasHapus